MTsN 6 Jombang mendapatkan penguatan fasilitas dari Ditjen Pendidikan Islam, melalui Dana SBSN tahun Anggaran 2020

Mediaciber.com.Jombang – MTsN 6 Jombang dinakodai oleh Kepala sekolah Umi Mahmudah, SPd. M.Ed, saat ini tengah membangun gedung baru SBSN 2 lantai atas 6 ruang kelas dan bawah 6 ruang kelas, proyek tersebut dikerjaan oleh CV. Eka Jaya Perkasa.

Menurut ketetang kepala sekolah MTsN 6 Jombang Umi Mahmudah .SPd.M.Ed, pekejaan pembanguan gedung baru mulai dari 0% berlantai dua tersebut dimulai Rabu (22 /06/2020) diperkirankan selesai bulan Desember 2020 mendatang, jelasnya.

“MTsN 6 Jombang berlokasi di dusun Semanding desa Sumbermulyo kecamatan Jogoroto kabupaten jombang jawa timur, saat ini tengah membangun gedung berlantai 2, 12 ruang kelas , pembangunan gedung tersebut dari hasil prestasi sekolah menjadi juara Pilot Project UNESCO, MTsN 6 Jombang Presentasi Pendidikan Empati untuk Didengar Dunia, dan mandapat program SBSN sebasar 3.2 milyard sampai saat ini pelaksanaan pembangunan gedung baru tersebut dalam proses,

kata Umi, “Dana tersebut di berikan di MTs N 6 Jombang, karena MTs N 6 Jombang adalah sekolah unggulan, Dia juga berharapan dalam pelaksanaan pembangunan gedung baru berlantai 2 tersebut, semoga diberikan kelancaran dan sukses, dengan selesai pelaksanaan pembangunan segera dapat di gunakan proses belajar mengajar.
“MTsN 6 Jombang memang jadi Pilot Project UNESCO Presentasi Pendidikan Empati untuk Didengar Dunia.Siapa sangka, dari pelosok Dusun Semanding, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang terdapat madrasah yang mentereng. Adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Jombang.

Hari ini, Jumat (25/9/2020) madrasah ini mewakili Indonesia di kancah dunia. Madrasah ini diundang UNESCO Sri Langka melalui Zoom Meeting Launching Kegiatan Learning for Empathy atau Pendidikan Empati.
“Kami diundang untuk ikut presentasi tentang Learning for Empathy, mewakili Indonesia dalam Zoom Meeting Launching pada kegiatan Learning for Empathy bersama UNESCO Sri Lanka, Jumat, 25 September 2020,” terang Kepala MTSN 6 Jombang Umi Mahmudah di Jombang, Kamis (24/09).

Baca :  Pemdes Ngarum Mengadakan Kampung Tangguh Semeru Dan Tanggap Memerangi Covid - 19

“MTsN 6 Jombang adalah madrasah pertama sebagai Pilot Project UNESCO dalam Penerapan Learning for Empathy tahun 2019,” sambungnya.

Sebagai Pilot Project UNESCO, kata Umi, guru MTsN 6 Jombang harus mengembangkan metode pembelajaran yang kreatif dn inovatif agar mampu mengintegrasikan empati dalam pembelajaran di semua bidang studi.
Pembelajaran empati ini diawali dengan pelatihan guru oleh Universitas Negeri Jakarta yang ditunjuk UNESCO untuk melatih dan memberikan pendampingan dalam penerapan LfE. Setelah pelatihan, guru mengajarkan ke guru lain, dan mempraktikannya kepada peserta didik.
“Proses mulai persiapan dan pelaksanaan Pembelajaran Empati telah dikemas dalam sebuah buku berjudul “Penerapan Pembelajaran Berbasis Empati (Learning for Empathy) at MTsN 6 Jombang (UNESCO Pilot Project),” ujarnya.

“Semoga buku ini bisa menjadi salah satu referensi yang bermanfaat dan membawa berkah,” harapnya.

Umi berkisah bahwa prestasi MTsN 6 Jombang hingga dipercaya UNESCO bermula dari raihan Penghargaan Madrasah Ramah Anak Terbaik Nasional Tingkat MTs pada 2018. Sejak itu, madrasah kecil di Dusun Semanding, Desa Sumbermulyo, Kec. Jogoroto, Jombang, banyak mendapat penghargaan
Pertama, MTsN 6 Jombang menjadi salah satu madrasah percontohan dalam mempraktikkan prinsip-prinsip Madrasah Ramah Anak. “Terbukti dengan banyaknya kunjungan dari berbagai lembaga yang penasaran dan ingin belajar tentang MRA,” ujar Umi.

Kedua, MTsN 6 Jombang mendapatkan penguatan fasilitas dari Ditjen Pendidikan Islam, berupa Gedung Laboratorium dan Perpustakaan Terpadu melalui Dana SBSN tahun Anggaran 2020. “Sekarang sedang berlangsung pembangunannya,” jelas Umi.
Ketiga, Kepala MTsN 6 Jombang mendapat kesempatan menjadi Fasilitator Nasional SRA sejak Tahun 2019. “Saya juga bertanggung jawab untuk berpartisipasi aktif dalam menebar virus SRA ke lembaga-lembaga pendidikan di sekitar pada khususnya, dan seluruh Indonesia pada umumnya,” terangnya.

Baca :  Dihadiri Anggota Dan PPL Serta Kades , Poktan Desa Sidomulyo Resmi Membentuk Pengurus Baru

Keempat, Kepala Madrasah dan satu guru MTsN 6 Jombang mendapat kesempatan mengikuti Teacher Exchange and Support Programme ke Tokyo Jepang, yang didukung UNESCO pada 10-14 Juli 2019.
Semua capaian ini, kata Umi, terus memotivasi keluarga besar MTsN 6 Jombang untuk menjadi lebih baik dan lebih berprestasi. “Dari semua apresiasi yang diraih, perubahan perilaku peserta didik yang semakin menuju peningkatan karakter positif, serta berkurangnya kenakalan, perkelahian, maupun tindakan yang melanggar tata tertib madrasah adalah prestasi terbesar,” tutup Umi.**(Tim)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Arep nyolong yo.. !!