Ketua Komisi D Lakukan Sidak ke Puskesmas Kembangbahu

Ketua Komisi D Lakukan Sidak ke Puskesmas Kembangbahu

Mediaciber.com Lamongan – Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lamongan, Abdul Shomad melihat langsung pelayanan di UPT Puskesmas Kembangbahu, Lamongan. Kunjungan dari komisi yang membiayai masyarakat diterima oleh Kepala UPT Puskesmas Kembangbahu, Rozanah.

” Puskesmas Kembangbahu memiliki dua macam program dalam upaya kesehatan masyarakat, ” tutur Rozanah.

Dia menjelaskan, program dua yang disebutkan:

1. Program esensial untuk meningkatkan kesehatan, kesehatan, gizi, KIA-KIB, dan pencegahan serta penanganan penyakit menular dan tidak menular.

2. Program pengembangan kesehatan jiwa, PERKESMAS, kesehatan lansia, kesehatan olahraga, kesehatan indra, kesehatan kerja, upaya kesehatan gigi masyarakat, kesehatan tradisional, dan kesehatan mata.

” Puskesmas Kembangbahu sudah menggunakan kartu berobat dengan barcode dan sudah menerapkan paperless (mengurangi sampah kertas), ” tukasnya.

Selain itu, Puskesmas Kembangbahu memiliki inovasi dengan cara memberikan pelayanan jamu tradisional dan akupressure. Tak hanya itu, petugas juga mengantar obat untuk pasien lansia.

” Di sini kami juga mengatur senam peregangan dan senam mencuci tangan yang dilakukan setiap hari pukul 10.00 Wib, ” katanya.

Sementara itu, Shomad menyambut positif beragam program menggantikan stunting yang diterapkan. Diantaranya penerima tablet penambah darah untuk siswa putri sampai empat kali melalui petugas UKS di sekolah, serta pemeriksanaan kepada calon pengantin,

Selain itu, atasi terhadap ibu hamil dengan memberikan tablet penambah darah, berikan ASI eksklusif, berikan layanan posyandu untuk balita, dan buat kelas ibu balita dan ibu hamil.

” Terkait Pustu Lopang, Komisi D meminta agar statusnya diperjelas sehingga bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah, ” pungkas Shomad.(Red)

Baca :  Virus Corona, Tentara Tuhan Yang Dikirim Untuk Menguji Ummatnya

COMMENTS

Tentang Kami | Kontak Kami | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | UU Pers
error: Arep nyolong yo.. !!