MUSCAB VII IBI TUBAN DIGELAR BERJALAN KONDUSIF

MUSCAB VII IBI TUBAN DIGELAR BERJALAN KONDUSIF

Mediaciber.com.Tuban – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., membuka Musyawarah Cabang VII Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Tuban di gedung KSPKP Tuban, Rabu (20/11/2019).

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban; Ketua IBI Provinsi Jawa Timur; Ketua IBI Cabang Tuban; Direktur Rumah Sakit; Kepala Puskesmas; dan 400 bidan perwakilan puskesmas se-kabupaten Tuban.

Dalam sambutannya, Sekda Budi Wiyana menegaskan, bidan menjadi pejuang dan ujung tombak pelayanan kesehatan. Mereka telah berkontribusi dalam pembangunan kesehatan yang terus meningkat, diantaranya penurunan angka kematian ibu dan bayi, serta penurunan angka stunting.

Ditambahkan Sekda, bahwa Bupati Tuban menginstruksikan agar semua warga miskin di Kabupaten Tuban tercover BPJS. Bidan yang memiliki keunggulan yaitu dekat dan menyatu dengan masyarakat di lingkungannya, diharapkan ikut mengidentifikasi warga miskin yang belum terdaftar BPJS.

Budi wiyana berharap, IBI dapatnya bersinergi dengan Dinas Kesehatan dan Pemkab Tuban. Sehingga tercipta kesesuaian program kerja mulai dari tingkat Kabupaten hingga ke desa/kelurahan.

Selain itu, IBI sebagai organisasi profesi harus dapat mempertahankan dan meningkatkan soliditas anggotanya hingga di tingkat desa/kelurahan. Kaderisasi juga harus dilakukan untuk merawat kebersamaan organisasi.

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini menjelaskan, perkembangan teknologi informasi dan kesehatan membawa pengaruh dan tantangan terhadap profesi bidan. Dinas Kesehatan hendaknya secara berkelanjutan mengadakan Bimbingan Teknis maupun pelatihan kaitannya dengan persalinan maupun lainnya. Sehingga seluruh bidan kabupaten Tuban berkompetensi unggul serta menguasai teknologi kesehatan terbaru.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh bidan dan IBI cabang Tuban atas pelayanan yang diberikan. Kami harap IBI dan bidan terus meningkatkan kinerja untuk mendukung upaya Pemkab Tuban dalam menyejahteraan masyarakat Bumi Wali,” terangnya.

Baca :  Peduli Masa Depan Anak Perbatasan, Satgas Yonif 725 Bantu Penyuluhan Kesehatan dan Imunisasi Polio

Sementara itu, Ketua IBI Cabang Tuban periode 2013-2018, Dri Yuli Hartiningsih, SST, S.Sos., menyebutkan musyawarah digelar untuk menentukan pengurus IBI Cabang Tuban baru 2018-2023. Total anggota IBI Cabang Tuban sebanyak 813 yang terbagi dalam 5 ranting, yaitu Ranting Tuban; Rengel; Tambakboyo; Singgahan; dan Jatirogo.

Harapannya dapat terpilih pengurus IBI cabang Tuban yang kompeten serta mampu menjawab tantangan jaman mendatang yang semakin kompleks.

Yuli Hartiningsih menambahkan kegiatan ini juga diisi dengan seminar ilmiah yang membahas isu-isu terkini kaitannya dengan profesi bidan dengan narasumber yaitu Ketua IBI Jawa Timur, Lestari, SST., SH., M.Kes.(Pri)

COMMENTS

Tentang Kami | Kontak Kami | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | UU Pers