Sen. Agu 19th, 2019

MEDIA CIBER

Selalu Bijak & Beradap

L’Cibi Goes To School, Kalapas Cibinong Jadi Guru SMA Al-Falah

2 min read

Mediaciber.com.Cibinong – Sebagai satuan kerja pemerintah yang memiliki core business dalam bidang pembinaan para pelanggar hukum, selain melakukan tugas fungsi pelayanan di dalam Lapas, Lapas Cibinong juga berupaya memperluas area pelayanan dengan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat.

Salah satu program unggulan yang diciptakan adalah program *_L’Cibi Goes To School_*, dimana Lapas Cibinong langsung bersosialisasi dengan pelajar/remaja untuk memberikan pemahaman tentang proses penegakan hukum dengan tujuan meminimalisir tingkat pelanggaran hukum di usia dini. Selain itu program ini merupakan program pendukung pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan melayani(WBBM) yang sedang dilaksanakan di Lapas Kelas IIA Cibinong.

Bermula dari perjanjian kerja sama yang telah disepakati oleh Lapas Cibinong dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, pada masa orientasi siswa baru tahun ajaran 2019-2020 ini, Lapas Cibinong akan berperan serta dalam memberikan materi di sekolah-sekolah menengah.

Hari ini, Selasa, 16 Juli 2019, Kalapas Cibinong terjun langsung untuk memberikan materi dan pengetahuan kepada siswa baru di Sekolah menengah Atas (SMA) Al-Falah Cibinong tentang Integrated Criminal Justice System (Sistem Peradilan Pidana Terpadu) yang berlaku di Indonesia, mulai dari tingkat penyidikan perkara di Kepolisian sampai dengan proses persidangan di Pengadilan dan akhirnya bermuara di Lembaga Pemasyarakatan sebagai instansi pembinaan bagi narapidana. Para siswa sangat antusias mendengarkan ceramah dan sharing session dari Kalapas Cibinong, karena dibawakan dengan menarik dan interaktif.

Para siswa pun menyampaikan beberapa pertanyaan tentang aktifitas narapidana selama di dalam Lapas dan dijawab oleh Kalapas Cibinong mengenai gambaran kehidupan narapidana di Lapas bahwa mereka tidak hanya makan dan tidur saja serlama di dalam Lapas namun juga diberikan kegiatan pembinaan kepribadian dan kemandirian sehingga dapat lebih produktif setelah keluar dari Lapas.

Baca :  ketua BKP Tolak Kerusuhan Serta Serukan Jaga Rasa Persatuan Dan Kesatuan

“Kami ingin ikut berperan serta dalam upaya pencegahan pelanggaran hukum pada usia dini, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor, mengingat tingkat kecenderungan remaja usia sekolah menengah dalam penggaran hukum cukup tinggi karena jiwanya yang masih labil dan mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Harapannya, melalui kegiatan semacam ini kami dapat memberikan suntikan motivasi agar mereka memiliki karakter yang positif, taat pada hukum yang berlaku, serta senantiasa berperilaku baik dalam kehidupan bermasyarakat.” Demikian pungkas Kalapas Cibinong, Agung Krisna.**(Hery)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *