Kam. Nov 21st, 2019

MEDIA CIBER

Selalu Bijak & Beradap

KPK Sebut Anggota Dewan Masih Jadi Pelaku Korupsi Paling Banyak

1 min read

Mediaciber.com – Jakarta, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang mengatakan, anggota dewan masih menjadi pelaku tindak pidana korupsi terbanyak dalam kasus-kasus yang diurus komisi antirasuah. Hal itu disampaikannya saat memaparkan evaluasi penindakan selama empat tahun dengan Komisi III DPR RI.

“Sampai dengan Juni 2019, komposisi pelaku tipikor ditangani KPK di mana anggota DPR dan DPRD masih jadi pelaku tipikor terbanyak,” papar Saut di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2019).

Dilansir Liputan6.com.modus tindak pidana korupsi paling banyak adalah suap serta pengadaan barang dan jasa. Persebaran perkara paling banyak terjadi di Pulau Jawa.

“Kita melihat modus perkara yang terjadi suap menyuap masih menjadi modus terbesar. Disusul modus pengadaan barang dan jasa diurutan kedua,” kata Saut.

Selama 2017-2019, KPK telah melakukan operasi tangkap tangan sebanyak 58 kali. Pada 2017 dilakukan 20 penindakan, dan 2018 telah dilakukan 30 penindakan. 8 kali dilakukan pada kuartal pertama tahun 2019.

“Kemudian melalui serangkaian perkata tipikor yang ditangani KPK telah berhasil menggapai dalam PNPB 1,9 triliun pada rentan waktu 2014 sampai dengan 15 juni 2019 dimana denda jumlah demikian demikian uang pengganti, rampasan, riba,” jelas Saut.

Baca :  Hadiri Silaturrahmi PSHT TNI Polri, Kapolres Bojonegoro Berharap Soliditas TNI Polri Semakin Kuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *