Sedekah Bumi Di Desa Kesongo Berjalan Meriah

Sedekah Bumi Di Desa Kesongo Berjalan Meriah

Bojonegoro,– Sedekah bumi atau di sebut juga Nyadran memang sudah menjadi tradisi di kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro terutama di Desa Kesongo, beragam Menu dan Gunungan dibawa ke punden sebagai bentuk rasa syukur dan menghormati para leluhur untuk memperingati acara sedekah bumi, Sabtu 27 April 2019.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu melalui budaya adat orang Jawa yang selalu mengedepankan unsur gotong royong masyarakat.

Keluhuran budaya inilah yang terus dijaga dalam hal kearifan lokal masyarakat Desa Kesongo. Karena budaya adalah kasta tertinggi dalam hal kearifan lokal masyarakat sebagai unsur pemersatu bangsa Indonesia.

Sedekah Bumi Desa Kesongo Kecamatan Kedungadem
Dimulai kegiatan start dari kediaman Kepala Desa Kesongo menuju Punden atau makam Desa Kesongo, acara ini di ikuti oleh Semua Perangkat Desa Dan Masyarakat Kesongo, serta Perguruan Silat IKSPI Desa Kesongo dengan di iringi Hadroh Rebana untuk mengiring nasi tumpeng dan gunungan yang berupa Hasil Pertanian desa setempat yang akan di bawa ke punden Pundi Agung Desa Setempat.

Desa Kesongo sendiri merupakan Desa yang terletak di kecamatan Kedungadem Paling Selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Lamongan Dan Nganjuk yang rata rata masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani, dalam mensyukuri nikmat kepada Allah SWT, selain mengadakan bancakan syukuran, desa Kesongo juga mengadakan tontonan pagelaran Wayang Kulit dan acara lainnya untuk memeriahkan sedekah bumi di desa tersebut.

“Kegiatan sedekah bumi ini merupakan Tradisi Desa Kesongo yang dilaksanakan secara terus menerus karena kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan juga merupakan bentuk budaya yang harus dilestarikan sampai ke anak cucu”, Ujar Suto selaku Kepala desa Kesongo.

Kepala Desa Kesongo juga menyampaikan dengan diadakannya acara sedekah bumi ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan kebanggan terhadap desa yang dimiliki, dan kepala Desa berharap dengan di adakan acara sedekah bumi ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT kedepannya supaya di berikan kehidupan yang lebih baik lagi tambah maju khususnya warga desa Kesongo di berikan kesehatan keselamatan tidak ada halangan suatu apa pun,”Ujar Kades.

Kepala Desa Kesongo juga mengucapkan banyak terima kasih kepada warga desa Kesongo atas partisipasinya dalam mengikuti acara sedekah bumi ini,”Pungkasnya.

Setelah Rombongan Kirab Sampai Di Punden Pundi Agung, Acara di isi mauidloh Khazanah oleh KH. Safarun.

Hingga berita ini di terbitkan Kemeriahan Sedekah Bumi Desa Kesongo Masih Berlangsung Dengan diiringi Hadroh Dari Lembaga Pendidikan Setempat.

COMMENTS

Tentang Kami | Kontak Kami | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | UU Pers